Warung Bebas

Minggu, 27 Februari 2011

Trik Mempercepat Koneksi Internet Dengan Namebench

Dalam 2 bulan ini artikel saya mengenai Mempercepat Koneksi Modem AHA Yang Lelet selalu menduduki peringkat pertama dalam daftar artikel terfavorit di blog saya. Artikel ini tidak pernah tergeser oleh artikel menarik lainnya. Ini menandakan bahwa masih banyak para sobat yang masih bingung cara untuk mempercepat koneksi internet. Sebenarnya banyak trik yang bisa diterapkan. Tetapi itu semua tergantung dari layanan yang sobat gunakan.


Sebagai contoh, jika sobat menggunakan Modem AHA ataupun Modem Smart, jika sobat hanya berlangganan paket reguler, otomatis bandwith koneksi internet yang sobat pakai hanya terbatas pada kecepatan 153 kbps saja. Itupun masih tergantung dengan wilayah cakupan sinyal EVDO di wilayah sobat. Jadi jika sobat memakai layanan diatas otomatis kecepatan internet sobat akan lambat. Apalagi jika hanya memakai modem HP. Bisa lebih lambat lagi. Mungkin sobat sudah banyak memakai software ataupun seting - seting komputer yang berguna untuk mempercepat koneksi internet. Dan hasilnya nihil.

Itu disebabkan karena sobat memakai layanan yang ber bandwith rendah, dan kemampuan cakupan sinyal modem sobat. Sudah seting sana sini ...kok hasilnya sama saja. Yach... mau gimana lagi. Karena Indonesia rata - rata masih memakai provider yang berbandwith limited. So....rata - rata DNS yang sobat pakai mempunyai kecepatan yang rendah. Maka dari itu cara agar koneksi internet sobat sedikit meningkat ganti DNS yang sobat pakai dengan DNS yang memiliki koneksi yang cepat.

Secara default jika sobat memakai Modem AHA, Smart, Flexy dan lainnya maka DNS akan diarahkan ke provider yang bersangkutan. Oleh karena itu kita harus mencari DNS mana yang mempunyai kecepatan tinggi yang nantinya bisa sobat pakai. Tool untuk mencari DNS yang tepat namanya Namebench. Tool ini nantinya akan mencari otomatis DNS yang tepat untuk koneksi yang sobat pakai.

Langkah - langkah dalam penggunaan Namebench adalah sebagai berikut :

1. Download Namebench DISINI
2. Setelah sobat melakukan instalasi jalankan software. Tekan tombol Start Benchmark. Tunggu hingga selesai. Karena proses ini memakan waktu yang lumayan lama.


3. Setelah selesai maka sobat akan mendapatkan laporan dan hasil benchmark. Dan tentunya akan keluar juga rekomendasi DNS yang bisa sobat pakai.
4. Masukkan DNS yang direkomendasikan ke seting internet sobat. Lalu silakan coba koneksi internet sobat.


Sebagai contoh saat ini saya memakai Modem Smart dengan seting DNS berikut :

DNS       : 202.43.178.244

Atau sobat bisa juga memakai seting - seting berikut sesuai dengan kemauan sobat

Primary Server       : 202.43.178.244
Secondary Server  : 202.43.178.245
Tertiary Server       : 202.159.65.166

Selain memakai DNS diatas, sobat bisa juga memakai DNS milik Google.com. Yang perlu sobat catat, trik mengganti DNS tergantung dari cakupan wilayah dan kekuatan sinyal sobat. Dan tentunya dari paket internet yang sobat pilih. Jadi hasil yang sobat dapatkan dengan sobat yang lain belum tentu sama. Malah mungkin tidak ada perubahan.  Menurut saya trik diatas hanya akan meningkatkan kecepatan internet sekitar 15 %. Tapi ...lumayanlah, daripada tidak sama sekali. Ok...sob, Selamat mencoba.

0 komentar em “Trik Mempercepat Koneksi Internet Dengan Namebench”

Posting Komentar