Warung Bebas

Minggu, 22 Agustus 2010

Membuat Windows Sendiri Memakai NLite

Pernahkah anda berfikir beberapa komponen di dalam instalasi Windows untuk dihapus karena anda merasa tidak membutuhkan. Ataukah anda ingin menambahkan beberapa driver,program,dll ke dalam instalasi Windows.Dengan menggunakan tool NLite, anda bisa mengkustomisasi Windows buatan anda sendiri. Termasuk memasukkan serial number,menambah tema, memasukkan driver dan patch update terbaru Windows serta meng-tweak .windows agar lebih cepat



Nlite adalah sebuah program freeware. Dengan tool ini,anda bisa memaksimalkan Windows milik anda sendiri.Dan salah satu kelebihan dari Nlite adalah mampu membuat ISO Image windows modifikasi anda sendiri, dengan tingkat kompresi yang lumayan.

Ok,langsung saja.Mari kita buat windows kita sendiri.
Jika anda belum mempunyai Nlite silakan DOWNLOAD DISINI

1.Jalankan NLite, pilih bahasa sesuai dengan kemauan anda
2.Lalu pilih drive dimana CD Windows XP anda berada. Jadi nantinya Windows yang ada di   dalam CD ini                  nantinya yang akan kita modif

3.Selanjutnya pilih path dimana kita akan menyimpan file hasil modifikasi tadi. Jadi     file yang akan kita modifakan disimpan dahulu di dalam harddisk. Nanti diposisi     terakhir baru akan dibuat image.Tunggu hingga Nlite selesai menyalin isi CD windows     anda di folder yang anda buat / anda pilih tadi.

4.Pada windows berikutnya anda akan disuguhi menu untukmenyimpan preset. Abaikan saja

5.Pada menu selanjutnya anda akan menghadapi paket layanan. Disini anda bisa menghapus    beberapa    komponen yang tidak kita inginkan. Tetapi alangkah bagusnya,mendingan     dipilih semua agar kompatible dengan semua komputer.Tekan tombol Semua. Lanjutkan ke    menu berikutnya.

6.Dalam menu selanjutnya anda bisa mengintegratedkan hotfix atau patch-patch terbaru     dari windows,agar windows anda selalu update. Anda bisa juga memasukkan software     theme buatan pihak ketiga. Dalam contoh ini saya memasukkan VistaMizer dan patch     windows XP SP3. Seperti dalam perintah yang muncul,jika anda memasukkan VistaMizer     ataupun program theme lainnya, anda harus mematikan fitur SFC pada halaman     Opsi>Patch. Tujuannya adalah untuk mematikan System Protection File.

7.Dalam menu selanjutnya anda bisa mengintegratedkan driver-driver komputer anda.   Seperti driver soundcard,vga ataupun printer. Untuk memasukkan driver tekan tombol   Sisipkan.Lalu silakan pilih tipe driver tunggal ataupun banyak driver.

8.Dalam menu selanjutnya anda akan diberitahu komponen apa saja yang anda masukkan.   Dalam hal ini biarkan saja dan lanjut ke langkah berikutnya.

9.Nah...didalam menu ini anda bisa memasukkan beberapa konfigurasi default yang anda perlukan. Seperti memasukkan serial number,tema default,nama komputer default,dll. Jadi anda bisa menginstal Windows tanpa menggunakan serial number,asalkan anda boot windows pertama kali dari CD. Silakan isi dan atur sesuai kebutuhan anda.

10. Jika anda tadi memasukkan software theme buatan pihak ketiga dan mengganti default theme, maka anda harus memilih tab Patches.Uxtheme Patch dan SFC (Windows File Protection) harus dihidupkan.Jika tidak saat anda selesai menginstal windows,theme yang anda atur tadi tidak otomatis dijalankan.Lanjut ke menu berikutnya

11.Dalam menu ini anda bisa meng-tweak windows sesuai dengan selera anda. Dengan tujuan proses windows berjalan lebih cepat dan stabil.Jika anda tidak ingin melakukan tweak silakan lanjut ke langkah berikutnya

12.Dalam langkah ini Nlite akan mencoba mengcomplie semua pilihan yang anda masukkan tadi. Tunggu hingga proses selesai.Apalagi kalau anda memasukkan software theme pihak ketiga. Proses compile akan memakan waktu yang cukup lama.

13.Langkah terakhir tinggal anda buat sebagai ISO Image.Ber volume label sesuka hati anda lalu tekan Buat ISO

Nah...Windows buatan anda sendiri sudah selesai. Saatnya mencoba di komputer anda. Cara yang paling aman dan irit adalah dengan menggunakan software Virtual Desktop seperti Virtual PC,VirtualBox,Live View ataupun VMWare Server. Dengan tujuan jika anda kurang berkenan dengan windows hasil modifikasi anda tadi ,maka anda bisa membuat ulang lagi. Nah...jika anda sudah merasa cocok dengan hasil anda, tinggal burn aja ISO Windows modifikasi anda memakai Nero atau software pembakar lainnya.
Dan tentunya anda mempunyai Windows versi anda sendiri.


0 komentar em “Membuat Windows Sendiri Memakai NLite”

Posting Komentar