Operator Telkomsel mengalami peningkatan trafik komunikasi saat
Lebaran dengan melonjaknya trafik data hingga 101 terabyte atau
meningkat 33 persen dibandingkan trafik di hari normal .
Situasi yang
sama juga terjadi pada penggunaan layanan pesan singkat (short message service/SMS) yang mencapai 1,2 miliar SMS atau meningkat 39 persen dari jumlah SMS di hari normal yang berkisar 864 juta SMS per hari.
Peningkatan
trafik data di periode Lebaran salah satunya disebabkan makin
banyaknya pelanggan Telkomsel yang mengucapkan "Selamat Hari Raya dan
mohon maaf lahir batin" melalui akses video streaming maupun jejaring
sosial Facebook dan Twitter.
Di samping itu, pemanfaatan layanan
BlackBerry Telkomsel yang mencakup aplikasi chatting, browsing, dan
social media juga meningkat hingga 2.3 Gbps, dibandingkan hari normal
yang mencapai 1.9 Gbps.
Tingginya pemanfaatan layanan data di saat
lebaran merupakan wujud tingginya kepercayaan pelanggan terhadap
kualitas dan kapasitas jaringan broadband Telkomsel. "Keberhasilan ini
merupakan kunci untuk mendukung kesuksesan bisnis mobile broadband,"
kata Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno
Selain layanan data,
peningkatan trafik juga terjadi pada layanan SMS yang melonjak 39
persen menjadi 1,2 miliar SMS per hari. Kenaikan trafik SMS mulai
terjadi pada tanggal 29 Agustus (924 juta), H-1 Lebaran tanggal 30
Agustus (1,2 miliar), lalu Hari H lebaran tanggal 31 Agustus (967
juta).
Tercatat 99,63 persen dari semua SMS yang dikirim pelanggan
Telkomsel saat Idul Fitri sukses sampai di nomor penerima, di mana
85,63 persen di antaranya tiba tidak lebih dari 30 detik. Lonjakan
trafik SMS tersebut telah diantisipasi Telkomsel dengan meningkatkan
kapasitas dari 80.000 SMS per detik pada lebaran tahun lalu, menjadi
sanggup memproses 83.750 SMS per detik di Lebaran tahun ini.
Sementara itu, penggunaan layanan komunikasi untuk menelepon (voice)
juga mengalami kenaikan, di mana trafik yang sukses dilayani sebesar
1,03 miliar menit atau meningkat 3 persen dibanding trafik suara pada
hari normal yang berkisar 1 miliar menit.
Secara umum tidak ada
kendala berarti yang dialami Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran
dan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan saat lebaran tahun 2011.
Hal ini dikarenakan Telkomsel secara rutin melakukan kegiatan
pengecekan jaringan untuk mempersiapkan lonjakan tr afik komunikasi
yang umumnya terjadi pada setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Tahun
Baru.